Cara Menyembuhkan Sariawan dengan Cepat

Stomatitis aftosa atau yang kerap kita mengenal dengan sariawan sebagai satu abnormalitas yang terjadi pada selaput lendir mulut yang berbentuk cedera berupa bintik-bintik berwarna putih kekuning-kuningan. Sariawan bisa menyakitkan dan mengusik kegiatan untuk pasiennnya.

Timbulnya sariawan ini dibarengi merasa sakit yang tinggi dan khususnya saat sedang makan atau minum. Sariawan yang terjadi di wilayah mulut yang serupa sepanjang dua minggu sampai sebulan bisa menjadi tanda-tanda ada kanker rongga mulut.Ada faktor-faktor pemicu timbulnya sariawan.

Penyebab Sariawan

Ada faktor-faktor pemicu yang diperhitungkan jadi pemicu timbulnya seriawan, seperti tidak sengaja tergigit, konsumsi minuman atau makanan panas, alergi, panas dalam, kurangnya vitamin C dan zat besi, abnormalitas pencernaan, kebersihan mulut tidak terbangun, factor psikologi, dan keadaan badan yang tidak bugar.

Berikut penyebab sariawan muncul di area mulut :

Mulut yang tergigit secara menyengaja atau tidak menyengaja saat sedang mengobrol, makan, dan lain-lain.

  • Kurangnya vitamin C dan zat besi.
  • Kerap konsumsi makanan pedas atau minuman panas.
  • Alergi.
  • Abnormalitas pencernaan.
  • Kesehatan mulut yang tidak terbangun seperti jarang-jarang menyikat gigi.
  • Kondisi badan yang kurang fit dan dalam keadaan tidak bugar.

Wilayah yang dapat terserang sariawan terhitung pipi, gusi, lidah, bibir dan langit-langit mulut. Disamping itu sariawan bisa juga mengakibatkan pendarahan, lebam dan warna yang memeras.

Cara Menyembuhkan Sariawan

Saat sariawan tiba, makan apa saja jadi tidak nikmat, apa lagi makanan yang pedas. Berikut ialah panduan langkah cepat mengobati sariawan.

1. Berkumur sama air garam

Berkumur sama air hangat yang digabung garam 3x satu hari bisa mengobati cedera sariawan secara cepat. Kandungan garam bisa menarik cairan pada cedera sariawan hingga bisa percepat pengobatan.

2. Basuh mulut dengan obat tradisionil

Basuh mulut dengan satu dari beberapa obat tradisionil, seperti lidah buaya, konsentrat biji anggur, peroksida hidrogen, juice plum, tea tree oil dan air hangat dengan garam.

3. Berikan cedera dengan bawang dan pepaya

Mengaplikasikan langsung obat ke cedera sariawan dapat percepat proses pengobatan. Pakai bawang mentah, pepaya atau kantong teh langsung pada cedera sariawan.

4. Dengan memakai bawang dan pepaya dengan memoleskan langsung pas pada cedera sariawan dan ini akan percepat proses pengobatan.

5. Memakai baking soda triknya baking soda digabung sama air lalu digunakan untuk berkumur. Baking soda akan menolong hilangkan bakteri dalam mulut dan kurangi merasa sakit.

6. Minum vitamin, sariawan muncul karena kekurangan vitamin B, Vitamin C, zat besi dan asam folat, karena itu makanlah vitamin-vitamin itu karena bisa percepat proses pengobatan.

7. Minyak Kelapa dan Madu

Minyak kelapa mempunyai karakter anti bakteri. Triknya, campur minya kelapa dengan madu selanjutnya berikan di bagian cedera sariawan. Untuk cara ini, sebaiknya dilaksanakan di saat akan tidur.

8. Yoghurt

Konsumsi yogurt bisa jaga kesetimbangan bakteri yang ada dimulut dan badan. Ini karena yoghurt memiliki kandungan acidophilus hidup. Dengan demikian bisa percepat proses pengobatan sariawan.

9. Minum Vitamin

Study memperlihatkan sariawan lebih umum terjadi ke orang yang kurang vitamin B. Vitamin C, zat besi dan asam folat berperanan dalam menahan dan pengobatan sariawan.

10. Tomat

Makan tomat mentah sebagai obat untuk menangani sariawan. Atau juga bisa, kumur memakai juice tomat.

Bila saraiawan telah lebih dari dua minggu tetapi rupanya tidak ingin pulih, karena itu sebaiknya anda berobat ke dokter untuk periksakan kesehatan mulut anda. Mudah-mudahan info mengenai panduan langkah cepat menyembuhkan sariawan di atas bisa berguna

Leave a Reply

Your email address will not be published.